• Peringatan Tahun Baru Islam

Ditulis pada 28 July 2016 , oleh sdbss

Cita Cita Besar..

Alhamdulillah pujian dan syukur senantiasa kita ucapkan kepada Allah tuhan yang menjadikan bulan Ramadhan ini menjadi bulan yang penuh ampunan. Juga,sholawat serta salam senantiasa harus kita bacakan untuk junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Tidak terasa bahwa bulan ramadhan tahun ini sudah masuk pada hari pertama. Saya ingin meneruskan catatan ramdhan yang tahun lalu pernah dibuat. Catatan pertama ini akan bercerita tentang cita cita yang besar.

3 hari yang lalu, di malang luar biasa banyak acara yang besar. Pertama Bapak presiden RI hadir ke kampus UIN Malang untuk menghadiri penganugerahan Guru Besar KH Maruf Amin. Yang kedua banyak acara wisuda dibeberapa sekolah,termasuk diskolah kebanggaan brawijaya Smart School. Dan masih banyak lagi agenda besar yg berlangsung di kota malang ketika itu sehingga lalu lintas malang pada hari itu luar biasa padatnya.

Berbicara tentang cita cita besar. Teringat ceramah yg disampaikan oleh Guru Besar UIN Malang yang juga dulu pernah menjabat sebgai Rektor yaitu Prof Imam Suprayoga. Beliau berkata bahwa ” dulu ketika saya menjadi rektor memang suka mendatang tokoh tokoh besar di kampus ini, hampir semua presiden dan wakil presiden di Indonesia pernah berkunjung kesini. Bahkan dulu wakil presiden dari Negara Sudan juga pernah datang untuk melihat kampus kita ini. Sebetulnya semua itu ada mksudnya kenapa saya mengundang tokoh tokoh besar ke kampus ini, agar kalian semua suatu saat juga ada yang menjadi seperti itu”

Petuah tersebut disampaikan ketika acara pertemuan alumni musyrif dan musrifah Mahad Sunan Ampel Malang yang kebetulan acaranya berbarengan ketika jokowi hadir di kampus UIN. Memang menurut sya, sesorang yang hidup di dunia ini haruslah memiliki tujuan hidup yang jelas atau bisa kita katakan dengan cita cita yang luhur. Karena dengan adanya cita cita tersebut maka akan membuat manusia selalu berusaha untuk mewujudkannya dan berdoa agar cita citanya dapat terwujud.

Bahkan Bapak presiden Indonesia yang pertama juga mengatakan ” Gantungkan cita citamu itu setinggi langit, jika engkau terjatuh masih berada di bintang bintang ” luar biasa kata bung karno ini menunjukan bahwa manusia tidak boleh dalam bercita cita, walaupun dalam perjlanan mewujudkan cita cita tersebut pasti banyak cobaan tetapi tidak boleh berputus asa.

Maka kesimpulan singktnya adalah semoga dalam bulan ramadha ini cita cita besar kita untuk meraih predikat orang yang bertaqwa dapat dikabulkan oleh Allah swt. Saya pribadi mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa,semoga Allah senantisa memberikan keberkahan dalam ibadah puasa kita, Waallahu Alam.(W_17)

ditulis oleh : Hari Budi Setiawan M.Pd.I