Ditulis pada 16 January 2018 , oleh sdbss , pada kategori Berita

School Jaman Now….

Alhamdulillah, tidak terasa 2018 sudah terlewati selama 16 hari. Sudah lama sekai jari jari ini tidak menulis tentang segala sesautu yang mungkin bisa bermanfaat untuk kita semua. Penulis sendiri mengucapkan Selamat Tahun 2018, semoga di Tahun Ini Allah senatiasa memberikan keberkahan dalam setiap langkah kita.

Mengawali tulisan saya pada hari ini, saya akan membahas tentang trending topic di akhir tahun 2017. Ketika itu banyak sekali muncul istilah istilah yang baru dan menurut saya istilah tesebut sangat unik. Salah satunya adalah “ Kids Jaman Now”. Bahkan Najwa Sihab pembawa acara Mata Najwa membahas hal tesebut dengan Presiden ke 3 yaitu Prof. Habibi.

Kids Jaman Now ini meurupakan term ( istilah ) yang dinobatkan kepada kumpulan anak anak yang melakukan aktivitas anti mainstream sehingga mereka berusaha merepresentasikan bahwa anak anak pada jaman “NOW” harus melakukan hal demikian yang terkadang itu tidak ada manfaatnya bahkan cenderung membahayakan bagi mereka.

Hal tersebut bisa begitu cepat disebarkan karena didukung dengan gadget yang selalu bisa terkoneksi pada internet. Padahal jika saya flash back sekitar 7 tahun yang lalu, Internet masih sangat terbatas dan hanya ada di warnet. Sekarang pemerintah, hotel, terminal, atau fasilitas umum yang lain bahkan sekelas warung kopi pun menyediakan wifi gratis. Maka kemudahan untuk memposting gambar, video, atau status begitu mudah, mungkin diantara kita juga sudah merasakan ada yang kurang jika satu hari saja tidak melihat WA, Instagram, Youtube, atau medsos yang lainnya.

Menanggapi hal tersebut, maka saya sebagai orang yang terlanjur “nyemplung” dalam dunia pendidikan hanya bisa berkata “ WOOOWWW”. Anak sekarang cenderung berkembang lebih cepat dan mereka sangat senang berkreasi seperti yang mereka tonton di media social. Hal tersebut sebetulnya tidak ada masalah jika mereka masih bisa dikendalikan oleh orang tua dan guru.

Solusinya untuk mengahadapi Kids Jaman Now adalah harus ada School Jaman Now. School Jaman Now harusnya bisa mewadahi begitu banyak aktivitas dan kreatifitas Kids Jaman Now. Jika sekolah yang dulu memiliki gambaran sangat seram dan menjenuhkan maka sekolah jaman now harus menggambarkan tentang kebahagiaan dan kekreatifitasan. Selain itu teacher jaman now juga harus sedikit merubah gaya mengajarnya agar siswa lebih bisa memahami dari pelajaran yang diajarkan.

Yang terpenting dari school jaman now adalah sekolah harus bertanggung jawab atas akhlak siswa yang sekarang sudah mulai dipengaruhi oleh social media. Akhlak yang dimaksud adalah Taat beribadah, Cinta Tanah Airnya, Saling Bekerja Sama dalam kebaikan dan Istiqamah. Jika Akhlak tersebut masih bisa dan dapat diaplikasikan oleh kids jaman now, maka cita cita bangsa ini akan cepat terwujud.

Sungguh tidak bisa dibayangkan jika school jaman now bisa mencetak generasi yang memiliki Akhlak yang komperhensif , memiliki kedalam ilmu pengetahuan, tidak gagap dalam menggunakan teknologi, dan fasih dalam berbahasa internasional, maka Kejayaan Kids Jaman now akan menandai sejarah Indonesia bahwa mereka merupakan generasi yang tidak bisa terkalahkan.

Kesimpulan singkatnya, Jangan sampai kids jaman now sampai salah pilih sekolah. Para orang tua harus cermat dan jeli dalam memilih sekolah agar kids jaman now bisa menjadi generasi yang the best for bright future.(W_17)

ditulis oleh :

Hari Budi Setiawan, M.Pd.I